TIPS MENJADI GURU YANG DISENANGI MURIDNYA

Kamis, 23 Mei 20130 komentar


Tentunya menjadi harapan dan keinginan semua guru untuk bisa disukai atau disenangimurid-muridnya. Pasti begitupun dengan Anda sebagai Bapak Ibu guru SD. Guru yang disenangi muridnya ada tanda khusus, yaitu selalu dinanti kehadiranya. Kalau dia belum hadir,muridnya akan berusaha mencari atau menanyakannya. Bukannya ada jam kosong muridmembiarkannya, dan tidak peduli. Saat diajar, ketika jam berakhir murid masih merasakurang, dan lain sebagainya.
Menjadi guru yang disukai juga bukan berarti menuruti semua yang murid mau atauinginkan. Karena jika guru menuruti semua keinginan murid bisa jadi malah membuat keluardari tujuan dan kegiatan proses belajar mengajar. Lalu bagaimana cara menjadi guru yangdisenangi murid-muridnya? Inilah tipsnya:

       1       Mengunakan metode pembelajaran yang bervariatif dan menyenangkan. Setiap materimemiliki cara penyampaiaan yang beragam. Guru jangan hanya terpaku dengan satu metodesaja, misalnya hanya ceramah. Juga gunakan metode yang menyenangkan, yaitu yangmembuat murid aktif dan melakukan sendiri.

       2       Guru yang mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang kondusif. Guru yangmenguasai materi dan menyampaikannya dengan enak dan mudah dipahami murid. Dan guruyang memberikan penilaian yang obyektif.

       3       Guru yang humoris. Jika ditanya, guru yang seperti apa yang paling disukai murid?Hampir pasti kebanyakkan adalah guru yang humoris. Tentu dengan candaan dan humormembuat belajar lebih menyenangkan. Tetapi bukan berarti humor yang menyinggungkekurangan muridnya, melainkan humor pada tempat dan saat yang tepat.

       4       Guru yang memberikan hak dan kebutuhan muridnya. Murid juga memiliki hak yang harusdipenuhi oleh gurunya, misalnya hak bertanya dan mendapatkan jawaban yang tepat. Danjuga guru yang senangi adalah guru yang memberikan kebutuhan siswa, baik itu kebutuhanakan karakter dan perkembangannya ataupun kebutuhan untuk dihargai.

       5       Guru yang menjaga wibawa, selain menciptakan hubungan yang harmonis denganmuridnya, guru juga harus menjaga wibawanya. Itu tercermin dari tingkah laku atau sikap didalam kelas atau di luar kelas.

       6       Guru yang mampu menjadi contoh atau suri tauladan. Semakin lama semakin berkurangsosok panutan, guru harus tetap bisa menjadi contoh untuk murid-muridnya. Tidak hanyapandai berbicara tetapi juga mampu mempraktekannya.

       7       Guru yang selalu berpenampilan menarik dan murah senyum serta sabar. Menjagapenampilan yang menarik, rapi membuat murid merasa betah dengan guru. Begitupun dengansenyum, murid yang yang ‘bermasalah/nakal’ akan luntur dan akan menyukai guru yang suaksenyum dengan tulus dan sabar.

       8       Guru yang mendidik dengan hati dan menginspirasi. Mendidik atau mengajar bukan hanyadianggap sebagai pekerjaan atau profesi, lebih dari itu juga dimaknai sebagai pengabdian danibadah. Murid bukan hanya sebagai obyek, tetapi juga insan seperti anak,
yang tidak hanyadididik juga didoakan.

Itulah beberapa tips atau cara agar bisa menjadi guru yang disenangi murid-muridnya.Apakah Bapak Ibu punya pengalaman dan masukan untuk menjadi guru yang disenangimuridnya? Agar proses belajar mengajar bisa lebih bermakna. Di setiap akhir tahun ajaran,bisa meminta masukan dari murid, menurutnya apa saja kekurangan kita sebagai guru danapa yang mereka inginkan
Share this article :

Poskan Komentar

 
TEMPLATE ASWAJA| MI Al Qur'an Al Kayyis - All Rights Reserved
Supported : MADINATULIMAN.COM | Creating Website | Johny dan Mas Themes